Breaking

LightBlog

26 April 2011

Perkakas untuk mendesain web di Linux

Beberapa tools / software yang bisa digunakan untuk mendesain halaman website di linux di antaranya :

1. Gedit

Ini merupakan text editor untuk desktop GNOME, menjadi software bawaan di BlankOn/Ubuntu


Tangkapan Layar Gedit


2. Geany

Adalah text editor dengan fitur dasar yang terpadu dengan lingkungan development. Beberapa fitur-fiturnya: syntax highlighting, code completion, code fold‐ing, daftar symbol/tag dan banyak mendukung tipe-tipe file seperti C(++), Java, PHP, HTML, DocBook, Perl dan lain-lain.
Situs Web: http://www.geany.org/


Tangkapan Layar Geany

3. KompoZer

Ini merupakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Ge), fitur-fiturny antara lain : FTP site manager, A new color picker, Tabs, CSS editor, A dash of style(s), Forms, Cleaner markup, XFN, Visible marks, Table/Cell resizing rulers, Automated Spellchecker.


Tangkapan Layar KompoZer

4. Bluefish

Merupakan editor WYWIWYG (What You Write Is What You Get) yang powerfull untuk perancang dan programer web berpengalaman berdasarkan antarmuka GUI GTK2. Mendukung banyak bahasa pemrograman dan bahasa markup, namun berfokus pada website editing dinamis dan interaktif.


Tangkapan Layar Bluefish

5. Gimp

Merupakan editing image yang powerfull di Linux, walau pada awalnya banyak yang mencibir bahwa gimp hanyalah editor gambar gratisan, namun kemampuannya tidak kalah dengan Photosh*p yang berbayar. Terlebih lagi setelah lahirnya GIMP2 yang semakin user friendly.


Tangkapan Layar GIMP

6. Inkscape

Kalau gimp sepadan dengan photosh*p. maka padanan coreldraw di linux adalah Inkscape, sortware ini sangat handal untuk membuat desain vektor.


Tangkapan Layar Inkscape

Itu semua yang biasa saya gunakan dalam membangun sebuah halaman website.. :) ada tambahan silahkan dimasukkan ke kolom komentar ya.. :D

Tidak ada komentar:

Adbox