Breaking

LightBlog

05 Maret 2010

Teknik menyeleksi dan mengganti background pada GIMP

Yang pertama dan paling utama yaitu buka aplikasi GIMP dan Open photo/image yang akan di edit. Di tutorial ini saya menggunakan photo my best friend, yang kebetulan saya punya janji untuk ngedit photonya.. hee.. :D


untuk menganti background photo tersebut tentunya kita harus menghapus background yang asli dengan menyeleksi bagian yang akan dihapus...

nah, untuk menyeleksinya, terlebih dahulu kita harus menduplikat photo yang asli (Ctrl + Shift + D)

setelah itu klik kanan pada background copy, lalu klik magre down,. kenapa ini harus dilakukan...?? karena oh karena jika kita langsung menyeleksi dan menghapus backgroundnya, misalkan menggunakan ereser tool (Shift + E) maka hasilnya akan menjadi seperti ini

bedanya dengan mengklik marge down, hasilnya akan transparant seperti ini

dalam menyeleksi gambar atau photo, kita bisa menggunakan ereser tool (Shift + Del)

dan bisa juga dengan menggunakan free select tool (F)

saya lebih sering menggunakan free select tool dalam setiap penyeleksian karena lebih mudah simple, hasilnya seperti ini

setelah semuanya di seleksi, tekan Ctrl + I, lalu hapus (Del)

untuk memperhalus hasil penyeleksian ini, pilih menu Select → Border, tentukan pixelnya sesuai dengan ukuran (size) gambar, dan klik OK

kemudian pilih menu Filter → Blur → Gaussian Blur,

tereeeenggg....!!!
selesai deh untuk masalah penyeleksian..

sekarang kita tinggal menggantikan background untuk photo tadi, pilih menu File → Open as Layers (Ctrl + Alt + O) gambar yang akan dijadikan background. Kemudian drag dan pindahkan layer baru ke bawah layer background yang pertama, seperti ini

lihat hasilnya, background dari photo tadi sudah berubah sesuai dengan background yang kita kehendaki.

Sekarang, silahkan mengedit sesuai dengan kreasi dan imajinasi mu... :))

Sebelum :



Sesudah :


4 komentar:

Atmam mengatakan...

pake Software apaan ne bos? ada link download ga?

disidebar blogger jambi di blog saya, link blog ini sudah saya tampilkan, coba di cek apa penulisan namanya sudah benar?

klo ado kawan2 blogger jambi lainnya, jangan lupa tuk diajak ke blog gw untuk didata sebagai blogger jambi.

thanks..

areefdharma mengatakan...

software GIMP, salah satu aplikasi editing di linux (seperti potoshop kalo wind*ws), tapi juga bisa dipake di wind*ws kok bang... link dunlut nya ada di http://www.gimp.org/downloads/

thanks bang,.... link http://www.kotajambi.co.cc/ juga sudah sayo tambahin di link list..

Anonim mengatakan...

bos.. kenapa ya tiap kali gw coba buat ganti background di aplikasi ini.. bukan hanya backgroundnya yg ke seleksi, tapi juga ma fotonya,, gw bingung,, lebih detail lg donq gmana caranya,, gw pemula soalnya...!! thanks

areefdharma mengatakan...

titik awal penyeleksian harus bertemu dengan titik akhir dari area yang di seleksi om :D pake Free Select Tools lebih mudah.. good luck :D

Adbox