Linux Rasa Indonesia
Unduh Linux Rasa Indonesia

Printer Canon PIXMA iP1880 di ubuntu 9.10 (Karmic Koala)


Beberapa hari yang lalu saya meng-upgrade OS ubuntu 9.04 (jaunty jacklope) yang saya pake ke ubuntu 9.10 (karmic koala). Saya menemui masalah sewaktu akan nge-print tugas, yang akhirnya saya terpaksa nge-print di tempat lain.. pake biaya prends.... padahal kan sudah bulan tuir... mesti ngehemat peng-pengeluaran :(

Nah.. pas saya tanyain ini problem ke wak google, beliau ngarahkan saya ke postingan blog tantos di How To : Karmic Koala and Canon PIXMA iP1800-iP1900, berikut intruksi yang saya ikuti dari blog tersebut :

1.Download repackaged Canon PIXMA iP1900 dari Ziddu.
2.Extract pack-an tersebut
3.Install cnijfilter-common_3.00-1_i386.deb (2x klik aja)
4.Install juga cnijfilter-ip1900series_3.00-1_i386.deb (2x klik juga)
5.Pasang USB printer Canon PIXMA iP1880 ke lapie ato kompie mu
6.Pilih Provide PPD file dari menu installasi printer, tentukan PPD file nya ke /usr/share/ppd/canonip1900.ppd BACA UPDATE dari menu System -> Administration->Printing, klik kanan pada printer mu, pilih properties, kemudian ganti Make and Model.
7.Selamat ngeprint tugas... :))


NB : hanya untuk seri printer Canon PIXMA iP1800 – iP1900. buat printer lain, coba tanya juga ma wak google aja ya..... :)




Update 14/04/2010:

Untuk mengaktifkan pengaturan kualitas, silakan gunakan file PPD ini : http://www.mediafire.com/download.php?mdmldyztfoh. Download dan simpan di /usr/share/ppd/. Kemudian dari menu System-> Administration-> Printing, klik kanan pada printer, pilih properties, kemudian ubah Make and Model mengunakan PPD yang baru ini.




Areef Dharma

Author: Areef Dharma

I'am a Linuxer, FOSS enthusiast and Internet addict.. Paling suka dengan kata-kata "freedom to learn, freedom to use, freedom to share, freedom to modify...".

blog comments powered by Disqus

Arsip Blog

SponsoredTweets referral badge Adsense Indonesia